Senin, 06 Juni 2016

Cara Hard Reset Android LG Optimus L4 II E440 Tutorial

Cara Hard Reset Android LG Optimus L4 II E440 [Tutorial]


Posting kali ini saya akan bereksperimen dengan melakukan Hard Reset pada LG Optimus L4 II E440. Sekedar informasi saja bahwa jika anda melakukan Hard Reset maka anda akan kehilangan semua data yang tersimpan di dalamnya, Untuk itu sebaiknya anda melakukan back up semua data, terutama data penting. hal ini masih dapat anda lakukan jika Smartphone masih dalam keadaan bisa diakses menunya, lain cerita jika ini terjadi dalam keadaan Bootloop pada LG Optimus L4 II E440. Smartphone Android keluaran produsen asal korea LG yaitu LG Optimus L4 II E440 merupakan smartphone dengan layar LCD 3,8 inci bekerja pada sistem android 4.1.2 Jelly Bean dan prosessor single core dan hanya 1 Ghz sebagai mesinya, serta dikombinasikan dengan RAM 512 MB, dan Internal Memory 4 GB yang dilengkapi juga slot memor y upgradable sampai 32 GB, di dukung juga dengan kamera 3,15 MP.

Nah, sekarang kita mencoba untuk bereksperimen dengan melakukan Hard Reset pada perangkat tersebut untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang kehebatan LG Optimus L4 II E440. Tetapi jika anda penasaran dan ingin lebih jauh mengenal LG Optimus L4 II E440, alangkah lebih bijak jika anda mengetahui kekurangan serta kelemahan smartphone tersebut.

Kelebihan LG Optimus L4 II E440

  1. Memiliki jaringan 3G HSDPA yang menawarkan akses internet cepat di area 3G
  2. Layar dilengkapi teknologi kapasitif multitouch IPS LCD
  3. Fitur Wifi Hotspot

Kekurangan LG Optimus L4 II E440

  1. Kamera yang digunakan di bawah rata-rata yaitu 3,15 mp, dengan resolusi maksimum 2048×1536 pixels, tidak ada autofokus, hanya ada lampu flah led dan geo tagging
  2. Kamera hanya mampu melakukan perekaman video pada kualitas VGA, bukan HD
  3. Tidak ada kamera depan sehingga tidak bisa untuk video chat
  4. Prosesor yang digunakan adalah single core, bukan dual core
  5. Kapasitas ram hanya 512 mb, sehingga kurang nyaman untuk aktifitas multitask aplikasi yang banyak
  6. GPU atau unit pemrosesan grafis yang digunakan adalah PowerVR SGX531, GPU jenis ini memang dirancang untuk kelas bawah

    Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi dan meRecovery jika terjadi masalah pada LG Optimus L4 II E440 seperti hang/Not Responding/Malfungsi/Stuck/Freezing/brick

    LG sudah memasukan beberapa aplikasi bawaan pabrik untuk membuat ponsel ini dapat bekerja dengan baik saat pertama kali digunakan. LG Optimus L4 II E440 menggunakan LG user interface versi 3.0. Kita dapat menambahkan aplikasi lain dari Google Play Store seperti Whatsapp, BBM, GARIS, Facebook, Path, Skype, Instagram dan masih banyak lagi. Tapi kita harus tahu bahwa bebe rapa aplikasi di Google Play Store juga tidak selalu kompatibel dengan LG Optimus L4 II E440, aplikasi tersebut dapat membuat ponsel kita menjadi masalah seperti hang atau stuck atau brick atau beku atau rusak. Kadang ponsel ini selalu booting hanya pada logo LG atau layar sentuh LCD tidak respon dengan sentuhan jari kita. Ketika ponsel ini mendapat maslah, maka kita harus memaksa soft reset atau shutdown atau reboot untuk membersihkan file-file temporari dan cache. Jika masalah ini masih terjadi maka kita harus melakukan hard reset atau format ulang. Biasakan untuk selalu melakukan backup yang diperlukan sebelum melakukan hard reset, karena semua data dan aplikasi yang terinstal akan terhapus setelah melakukan hard reset.

    Cara Memaksa Shutdown atau Memaksa Soft reset atau Reboot atau Restart LG Optimus L4 II E440


    Ketika smartphone LG Optimus L4 II E440 kit a mendapatkan trouble ditengah-tengah menjalankan sebuah aplikasi, kadang-kadang dapat mengakibatkan hang atau stuck dimana hal ini membuat LCD Touch Screen menjadi tidak responsiv terhadap sentuhan jari kita. pada saat kejadian ini, kita harus melakukan shutdown/restrat secara paksa, untuk membersihkan cache dan file temprari. cara yang paling mudah yang dapat anda lakukan adalah dengan melepas batery dengan cara membuka casing bagian belakang, dan tunggu kira-kira 5 detik baru memasang kembali. Kemudian dapat kita nyalakan kembali dengan cara menekan tombol power yang terletak bagian dibelakang, karena posisi dari tombol power pada LG Optimus L4 II E440 berada pada bagian belakang dibwah kamera utama.Melakukan soft reset adalah aman dan dapat anda lakukan kapan saja, karena pada prinsipnya melakukan soft reset hanya membuang file cache atau temporari pada sistem android saja, sedangkan semua data penting kita akan tersimpan dengan aman pada tempatnya.

    Cara lain melakukan soft reset adalah dengan cara menekan dan menahan tombol power beberapa detik hingga muncul Pop Up menu, setelah itu silahkan anda pilih Power Off/Reboot/Restart Menu.

    Hard Reset LG Optimus L4 II E440 Factory Default menggunakan Tombol Kunci Rahasia Pada Hardware

    Pada kondisi tertentu, kita tidak dapat melakukan apa-apa pada LG Optimus L4 II E440, semua keadaan tidak mungkin dapat digunakan untuk mengakses sistem android, sehingga kita tidak mungkin melakukan metode reset pada nomor 1 diatas, Untuk itu kita gunakan tombol kunci rahasia yang tersedia pada Smartphone LG Optimus L4 II E440, Caranya adalah sebagai berikut;

    Cara 1, Hard Reset LG Optimus L4 II E440 Menggunakan Menu

    1. Nyalakan atau OFF-kan LG Optimus L4 II E440
    2. Pastikan baterai terisi sumber daya yang mencukupi
    3. Backup semua data penting yang tersimpan di LG Optimus L4 II E440, karena semua data dan aplikasi akan terhapus semuanya.
    4. Pergi ke menu : Setting > Backup and Reset > Factory Data Reset
    5. Pilih : Reset Device > Delete all

    6. LG Optimus L4 II E440 akan melakukan proses master reset.

    Cara 2. Hard Reset LG Optimus L4 II E440 Factory Default menggunakan Tombol Kunci Rahasia Pada Hardware

    Pada kondisi tertentu, kita tidak dapat melakukan a pa-apa pada LG Optimus L4 II E440, semua keadaan tidak mungkin dapat digunakan untuk mengakses sistem android, sehingga kita tidak mungkin melakukan metode reset pada nomor 1 diatas, Untuk itu kita gunakan tombol kunci rahasia yang tersedia pada Smartphone LG Optimus L4 II E440, Caranya adalah sebagai berikut;

    1. Matikan atau OFF-kan LG Optimus L4 II E440
    2. Pastikan Baterai LG Optimus L4 II E440 terisi penuh, paling tidak minimal 50%
    3. Tekan dan tahan secara bersamaan Volume Down + Home button + Power button.

    4. Jika Logo LG muncul, lepaskanlah tombol power,
    5. Ikuti petunjuk langkah d ibawah ini, step by step
      Hard Reset LG Optimus L4 II E440
      Step 1

      Hard Reset LG Optimus L4 II E440
      Step 2

      Hard Reset LG Optimus L4 II E440
      Step 3

      Hard Reset LG Optimus L4 II E440
      Step 4

      Hard Reset LG Optimus L4 II E440
      Step 5

      Step 6

      Hard Reset LG Optimus L4 II E440
      Step 7

      Hard Reset LG Optimus L4 II E440
      Step 8

      Hard Reset LG Optimus L4 II E440
      Step 9

      Hard Reset LG Optimus L4 II E440
      Step 10

      Hard Reset LG Optimus L4 II E440
      Step 11
    6. LG Optimus L4 II E440 akan melanjutkan maste r reset, tunggu beberapa saat sampai smartphone start seperti dalam keadaan baru dari pabrik.
    Selamat, Anda telah berhasil menyelesaikan tutorial hard reset ini, dengan begitu Anda sekarang tahu cara yang paling tepat untuk melakukan hard reset LG Optimus L4 II E440 Anda. Sekarang Anda dapat dengan mudah memperbaiki brick atau rusak ponsel Anda dan Anda juga dapat meningkatkan kecepatan dan menghapus bug tertinggal pada sistem internal ponsel Anda.
    Demikian penjelasan singkat tentang, Cara Mudah Hard Reset Android LG Optimus L4 II E440.

    Tutorial video ada disini


    PERHATIAN... !!!
    Hard Reset akan menghapus semua data dan akun
    Penulis tidak bertanggung jawab pada resiko yang ditimbulkan sesudahnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar